Sebuah Kerja Keras dan Doa

Posted: July 24, 2016 in Perjalanan
Tags: ,

Kembali pada rutinitas dan segala hal yang menjadi kebiasaan di beberapa bulan, setelah tinggal di negeri ini.

Rindu? Pastilah ada rindu, namun rindu itu harus dibalut pada sebuah doa dan kerja keras, agar ia dapat terbayarkan dengan sebuah hasil maksimal, tentunya tidak terlepas dari apa yang sudah ditakdirkan-Nya. Namun, bukan itu yang hendak saya ceritakan di sini. Ada hal menarik lainnya, di samping sebongkah rindu yang masih saja menggunung untuk terus disimpan dan diarahkan pada hal yang positif.

Jikken, istilah yang mungkin tidak akan sangat asing bagi para pelajar di negeri Sakura ini, yang bermakna eksperimen, atau istilah Indonesia, penelitian. Jikken pertama saya dimulai pada bulan April 2016, awal ketika pertama saya datang. Minggu awal, saya langsung disodori untuk membaca jurnal penelitian laboratorium, dan meminta berdiskusi lebih lanjut ketika usai membacanya. Ya, dalam 3 hari pun saya mencoba untuk memahami, dan segera berdiskusi dengan supervisor saya. Alhasil, beliau menyatakan saya sudah bisa melakukan penelitian kala itu. Kaget? Pasti, karena biasanya, mahasiswa master akan fokus pada penelitian ketika sudah masuk di semester kedua. Tapi, saya sudah diminta sejak awal datang memulai eksperimen. Baiklah, dalam hati saya pun bergumam, semoga Allah selalu memberikan kemudahan dalam penelitian ini.

Bermain dengan mikrobia, bukanlah hal yang sangat mudah, bahkan saya katakan terkadang ada sebuah tantangan, yakni mencegah kontaminasi, ataupun menghindari kesalahan membuat medium, atau sebagainya. Bahkan, yang lebih utama, adalah memastikan kita benar dalam mengkultur strain yang akan digunakan. Heum, sejak memulai eksperimen, saya pun sudah menggunakan sebanyak 100 strain bakteri tanah, aktinobakteria, yang telah dikultur dan memberikan hasil yang bagi saya cukup, namun pada kenyataannya, masih harus ada effort yang lebih. Why? Hasil yang masih belum konstan bahkan terkadang, sedikit meragukan, atau bisa jadi sedikit mencengangkan dari yang seharusnya. Saya tak pernah tahu, apa yang sedang terjadi dalam kultur cair yang saya inkubasi, saya tidak tahu menahu, apa yang mikrobia itu lakukan selama dikultur dalam medium, namun saya hanya percaya, jika usaha semaksimal mungkin telah dilakukan, maka hasil akhir mempercayakan sepenuhnya kepada kekuatan Yang Maha Tahu.

Acap kali ketika sudah begitu sedikit mengendur dari semangat, saya mengirim gambar pada kedua orang tua, berkabar dengan apa yang saya lakukan di sini, sembari terselip permohonan sebuah doa, sebuah restu, dan sebuah harapan, agar apa yang dilakukan di sini, bisa memberikan manfaat ke depannya. Saya paham kerja keras saya, tetaplah saya butuh pada restu kedua orang tua saya, mendengar dukungan, dan doa, bahkan sebuah isyarat ketika restu terucap, menjadikan diri ini terus bersemangat dan mengingatkan pada sebuah nasehat yang saya jadikan wallpaper dalam laptop,”Berpeluhlah engkau dalam berusaha dan berdoa, karena lezatnya kehidupan akan terasa setelah itu”.

Kerja keras haruslah tetap diimbangi dengan doa, bahkan terutama doa dari kedua orang tua, yang selama ini menguatkan pundak dan mengangkat pribadi ini untuk mau maju, dan berpikir untuk orang lain, tidak hanya untuk diri sendiri.

Kerja keras dan doa adalah kunci sebuah akselerasi diri dalam berproses…
terutama doa mereka yang kita cintai, adalah penambah kecepatan akselerasi, agar ada keberkahan dalam setiap langkah, dan ada ridho Ilahi yang membersamai proses tersebut.

Adachi-ku,
Sunday, 24 Juli 2016.

Comments
  1. praditalia says:

    Wuiiih… pram semangat…semoga yang km perjuangkan hari ini in shaa allah akan berbuah manis dibkemudian hari. Oya ditunggu ya undangannya… ktnya mau nikah sm orang indo yang kuliah di sana hahaha

Leave a Reply

