Ridhomu, adalah Ridho-Nya

Posted: April 16, 2016 in Hikmah, Perjalanan
Tags: , ,

IMG_1965[1]

Di sebelah kiri, Bapak dan Ibu, dan di sebelah kanan saya, Bu Lek.

Mungkin saya sendiri, menjadi pribadi yang banyak belajar. Menempuh studi lanjut master di negeri sakura, yang luar biasa jauhnya dari Indonesia. Rindu? Pasti. Baru saja saya akan berangkat, entah masih ada rindu, masih ada rasa yang belum terpuaskan untuk di Indonesia. Namun, sekali lagi, Safarlah, karena kita pun harus mencari ilmu, dan mendatangi ilmu.
Bukankah mereka para pencari sanad, berkelana, dari negeri mereka, menuju negeri rasulullah, bertemu para sahabat, mengembara kembali dan menuju negeri-negeri yang ditempati oleh para sahabat, untuk menyebarkan Islam dan pengetahuan yang Allah siratkan dalam Al-Quran?

Safarlah…
Ini yang menguatkan diri ini untuk kemudian mau berpisah jauh dari mereka. Selain itu, karena mereka pun ridho, saya pun yakin, Allah pun akan ridho dengan perjalanan ini. Tiada lain yang menjadikan diri ini rindu, jikalau bukan karena ingin terus membuat mereka tersenyum, dengan cara apapun, meskipun terkadang, sedikit saya membuat mereka kesal. Namun, mereka tetap melemparkan senyuman, meskipun sesekali, menasehati dengan cara yang ahsan, untuk kebaikan saya.

Safar dan belajarlah…
Karena di sini saya akan menemukan keluarga baru, menjalin silaturrahim baru, dan memiliki ikatan persahabatan yang baru. Inilah alasan, yang selalu saya sampaikan pada mereka ketika akan pergi, entah ke manapun, meskipun itu hanya ketika mengikuti kegiatan sekecil apapun.

Doakan anakmu ini, agar terus menjadi anak yang besyukur dan terus memberikan kebahagiaan untuk keluarga, dan untuk negeri di mana kaki ini memijak tanah-Nya. Karena satu pesan, yang saya ingat ketika akan pergi meninggalkan negeri ini, sebuah ucapan dari ibu dan bapak,”InshaAllah, Ikhlas, Ridho, dan Hati sudah lega”.

 

Surabaya,
Terminal 2 Juanda International Aiport

Leave a Reply

