What I learned from my scholarship…

Posted: April 7, 2016 in Perjalanan
Tags: , ,

cycle_of_goodness

Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh professor saya, dan dengan ijin Allah, doa kedua orang tua, serta bimbingan dari professor saya, saya pun mendapatkan beasiswa ini, yang tentunya akan membantu studi saya di salah satu universitas di Tokyo.

Pada awalnya, saya berencana untuk mengajukan beasiswa dari negeri saya, dan juga dari beberapa perusahaan lainnya, namun entah, professor saya ketika itu hanya mengatakan untuk membahas beasiswa tersebut di lain waktu, dan beliau tetap fokus agar saya mau berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan beasiswa dari Yoshida Scholarship Foundation. Namun, di sisi lain, beliau pun masih tetap memberikan pilihan dan pertimbangan bagi saya agar kemudian memutuskan, dan apa yang membuat saya yakin, setelah kemudian saya berdiskusi dengan senior saya, adalah keyakinan dari sensei saya yang menyiratkan dalam pesan beliau bahwa saya dapat memperoleh beasiswa ini. Sempat beberapa kali, saya mengunjungi website beasiswa ini, dalam sambutannya, Tadahiro Yoshida, selaku COE YKK Company berpesan untuk bahwa dengan adanya beasiswa ini, diharapkan para pemeroleh beasiswa mampu untuk kemudian memberikan manfaat bagi masa depan, dan juga membangun jejaring dengan masyarakat luas nantinya menuju abad 21. Dalam hati pribadi saya, saya melihat ada sebuah nilai yang ingin ditanamkan bagi mereka para penerima beasiswa ini, dan ada sebuah kebermanfaatan yang diharapkan dari para penerima beasiswa ini, tidak hanya untuk diri sendirinya, melainkan untuk masyarakat global.

“Ah, baiklah, ‘Bismillah’, aku pun berujar, untuk mengikuti seleksi beasiswa ini”. Setelah melalui proses pendaftaran, dan menyatakan kesiapan saya pada sensei untuk mengikuti seleksi beasiswa ini, dalam hati sebenarnya kemudian muncul sebuah pertanyaan, apa sebenarnya YKK Company itu? Siapa pendiri YKK Company? Mulailah kemudian saya membrowsing apa itu YKK Company…

Dalam sebuah laman website, YKK adalah kepanjangan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, sebuah perusahaan resleting yang berdiri pada tahun 1934. Tadao Yoshida adalah pendiri pertama perusahaan ini, dan kini perusahaan ini telah berhasil menjadi perusahan retsleting terbesar, yang mempunyai 132 anak perusahaan di lebih dari 60 negara. Perusahaan YKK sendiri tidak hanya memproduksi retsleting, tetapi juga membuat mesin yang dapat menciptakan retsleting itu sendiri (1).

Saya pun kaget karena tahu bahwa YKK adalah perusahaan resleting. Dan kemudian saya pun mencari apa sebenarnya yang perusahaan ini miliki, hingga kemudian perusahaan ini pun masih terus tetap ada sampai saat ini. Akhirnya pun, saya mencari profile YKK Company.

Dalam sebuah laman wesbite, YKK Company yang didirikan oleh Tadao Yoshida memiliki sebuah filosofi mengenai “Cycle of Goodness” (Siklus Kebaikan). Saya pun bertanya apa yang dimaksud oleh seorang Tadao Yoshida kala itu?

Also, Tadao Yoshida felt strongly that the fruits of these innovative ideas must not be retained by any individual. Instead, they should be distributed widely to society, thereby circulating the benefit. In this way, one can prosper while making a contribution to the enrichment of all humankind. Tadao Yoshida called this the ‘Cycle of Goodness’, and he made this idea his fundamental philosophy of business (2).

Saya pun begitu kagum dengan pemaknaan filosofi yang begitu dalam dimaknai oleh seorang Tadao Yoshida. Bagi saya seorang muslim, sebenarnya, Allah telah begitu jelas memberikan dan menjelaskan filosofi yang begitu dalam ini. Dalam Al Quran Surat Ibrahim ayat 24-25, Allah menjelaskan bagaimana mengenai seseorang berilmu yang diibaratkan seolah pohon yang baik, dan terus berbuah.

24. Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,
25. pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

Jika kemudian saya melihat kembali ke belakang, sebuah inovasi dari seorang Tadao Yoshida untuk kemudian berinovasi dengan membuat sebuah resleting, pada akhirnya kini amat sangat bermanfaat dirasakan oleh orang banyak. Ibarat sebuah pohon, Tadao Yoshida mampu memberikan buah-buah yang dihasilkannya demi kebermanfaatan orang lain.

Saya pun sebagai seorang muslim merasa bahwa sebenarnya banyak nilai-nilai Islam yang pada akhirnya banyak diaplikasikan oleh orang-orang non Islam, yang kemudian menghasilkan begitu banyak kebermanfaatan bagi orang lain. Saya pribadi dalam hati berdoa, semoga saya pun dapat kemudian mengaplikasikan ilmu yang saya miliki, dan mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari dari hal ini. Semoga Allah selalu memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada hamba yang banyak bergelimang dosa ini.

 

Refrensi:
1. http://www.kompasiana.com/gumilangsatria/kisah-resleting-dan-ykk_550b3a6b813311ad1eb1e15c
2. http://www.ykk.co.id/web/profile

Leave a Reply

