Virus Corona: Indonesia Level Waspada

Posted: February 18, 2013 in Artikel
Tags: , , , , ,

“Pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaan terhadap menyebarnya virus corona….”[1]

            Terdengar adanya berita penyebaran virus Corona yang berasal dari Jazirah Arab. Virus Corona adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi pada saluran nafas manusia. Famili virus ini memiliki kesamaan dengan famili virus SARS1. Saat ini berita penyebarab virus ini telah masuk di London, dan terdengar adanya kabar bahwa serangan virus ini telah menyebabkan kematian terhadap dua oang warganya.

            Sebagai negara dengan umat muslim terbanyak, tentu saja ada kekhawatiran tersendiri bagi pemerintah terutama setiap tahunnya jamaah haji ataupun jamaag yang ingin melakukan umroh semakin meningkat. Kekhawatiran seperti ini dikarenakan kondisi geografis yang berbeda, dan penularan virus yang begitu cepat dapat menyebabkan terjadinya kejadian yang luar biasa, seperti proses penyebaran virus yang malah dapat membahayakan bagi masyarakat tanah air. Hal ini dapat diambil contoh, ketika terjadinya kasus Avian Influenza di wilayah Asia lainnya, dan virus ini masuk ke wilayah Indonesia, menyebabkan kasus kejadian luar biasa dengan kematian unggas yang tinggi, bahkan penularan kepada manusia, yang berakhir pada kematian.

Mudah sekali Menginfeksi dan Menyebar

            Virus bukanlah materi hidup layaknya sel. Virus merupakan parasit obligatif aselular. Virus tidak dapat didefinisikan sebagai sel, meskipun pada bagian virus terdapat bagian yang menyimpan asam nukleat. Virus membutuhkan inang dalam proses untuk bertahan hidup, dan hal ini tentu saja, menyebabkan sang inang akan terinfeksi suatu penyakit.

            Secara biologis, penyebaran virus sangat cepat, bahkan mampu menginfeksi dengan cepat. Bayangkan saja, misal, ketika di kelas, ada teman kita yang flu, maka secara langsung esok hari atau beberapa jam kemudian, pastilah kita atau teman-teman kita akan merasakan flu yang sama. Penyebaran dan infeksi yang sangat cepat ini akan menentut tubuh kita untuk terus prima, agar terhindar dari infeksi virus, dan tentu saja menjaga pola makan.

            Kasus penyebaran virus Corona yang saat ini sedang terjadi di Jazirah Arab, sangat perlu untuk mendapatkan tanggapan serius dari pemerintah. Setiap tahunnya, jamaah haji Indonesia selalu meningkat. Hal ini tentu saja akan memiliki potensi untuk penyebaran virus Corona di wilayah Indonesia, karena kontak antara wilayah pandemik dengan masyarakat sangat dekat.

Monitoring Jamaah Haji dan Vaksinasi

            Salah satu langkah yang dapat menjadi antisipasi bagi pemerintah agar menghambat masuknya virus ini ke Indonesia, adalah dengan melakukan monitoring bagi setiap kedatangan jamaah ataupun wisatawan yang berasal dari wilayah Jazirah Arab. Langkah preventif ini dapat dilakukan dengan proses melakukan medical check up terhadap semua jamaah yang baru datang dari wilayah Jazirah Arab. Selain itu, bagi para wisatawan yang juga datang ke Indonesia, harus juga mendapat perhatian khusus untuk menghindari masuknya vektor pembawa virus ini.

            Selain langkah tersebut, pemerintah dapat melakukan proses vaksinasi bagi jamaah yang akan merencakan keberangkatan menuju Jazirah Arab. Vaksinasi ini diperlukan untuk membentuk antibodi pertama sehingga ketika adanya infeksi kedua, tubuh dapat merespon dengan cepat dan melemahkan virus yang sudah masuk.

            Langkah tepat diperlukan untuk menangani kasus yang berhubungan dengan virus seperti dalam halnya kasus ini. Virus yan pada mulanya tidak pernah terdeteksi, kemudian masuk ke wilayah baru, dapat dengan cepat melakukan perubahan, dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada. Berdasarkan informasi yang diperoleh, virus ini menginfeksi saluran pernafasan secara ringan, namun ketika langkah pencegahan tidak dilakukan, virus ini bahkan mungkin akan menyebabkan terjadinya kematian yang sangat tinggi, mengingat kemampuan virus melakukan proses mutasi yang sangat cepat.

            Tentu saja, bangsa Indonesia tidak menginginkan masuknya virus baru yang tentu saja akan menjadikan kejadian luar biasa atau pandemik penyakit terjadi di wilayah ini. Masyarakat pun dituntut berpatisipasi aktif untuk terus berupaya menjaga kesehatan, terutama bagi mereka yang akan melaksanakan perjalanan haji atau umroh, ataupun ingin berpariwisata ke wilayah timur tengah. 

 


[1] Faizal, Achmad. 2013. Indonesia Waspada Virus Corona. http://regional.kompas.com/read/2013/02/15/15240422/Indonesia.Waspada.Virus.Corona. Akses 18 Februari 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s